PLN bersih, pasti bisa!.


hmm.. jadi keinget gan waktu umur gue masih 3 taon, klo nonton tipi, satu desa musti kumpul dempet-dempetan di rumah tetangga. Pernah suatu ketika mbah ngajari gue baca tulis, pakai lampu teplok (minyak tanah). Pas lagi pertengahan sesi membaca tiba-tiba kucing gue lewat, naek ke pangkuan gue, trus dia diusir sama mbah, lompat, menyenggol lampu, dan bikin lampu teploknya terguling. Alhasil minyaknya tumbah dan bikin kebakaran dimana-mana.

hahaha itu cerita jaman semboyan PLN masih listrik masuk desa. sekitaran tahun 91-an gitu. klo sekarang tuh lampu sudah masuk musium kali yah.


Tapi percaya atau tidak, saudara gue yang berada dalam garis kemiskinan yang lumayan mengenaskan, sampai bulan mei tahun 2013 ini masih belum punya tipi sama radio di rumahnya. hallo..hari gini ngak ada  TV??!. gue yang maniak film pasti ngak betah klo nginep di rumah yang begini.

rumah saudara gue ini kurang lebih sejam naek motor dari rumah gue di kota Ponorogo tercinta ini..ngak terlalu jauh kan sebenernya?. tapi jauh banget pekembangan fasilitas teknologi informasi disana. warnet aja rasanya bisa di hitung jari.

Dan agan tau, dari ketiga anak sodara gue tersebut, nyaris semuanya tinggal kelas. Agan tau alasanya kenapa tuh orang ngak punya tipi, bukanya ngak ada duit buat beli tipi, tapi lantaran listrik dia masih gabung sama beberapa rumah tetangganya. istilahnya urunan buat pakai satu jalur listrik gitu. jadi sodara ane ngak bisa beli tipi karna takut mengganggu tetangganya yang laen. takut teganganya ngak kuat, istilah orang pedalaman sana 'njeglek' gitu. trus jangan kate agan tanya kehidupanya dari sisi yang lain, amboi...tertinggal...sekali jendral..akses informasi kesana bener-bener luar biasa, luar biasa ketinggalanya.

makanya gan, agan bisa bayangin kan betapa pentingnya listrik bagi kepentingan bangsa ini?, banyak gan, banyak banget, dalam industri, dalam pendidikan dalam kesehatan, nyaris semua kemajuan dan pembangunan bangsa bakalan macet total, tal, mental tanpa listrik. Klo ngak ada listrik gimana peralatan operasi di Rumah Sakit bisa beroperasi?, gimana pabrik-pabrik bisa berproduksi?, gimana lampu merah dapat mengatur jalur-jalur kendaraan yang harus lewat duluan, gimana kantor pemerintahan bisa berjalan?. oh men..sepenting itukah listrik bagi kita sekarang?, ya! sepenting itulah.

listrik ibarat nasi bagi perut pembangunan negara kita. Dan lo bayangin sendiri aja  gan, gimana perut bisa beroperasional klo ngak ada nasi yang dicerna?. karenanya jika suatu daerah terpencil akan di bantu pembangunanya. biasanya akan dibangun dulu dua prasarana oleh pemerintah disana, akses jalan raya dan pembangkit listrik, juga sarana tak kasat mata seperti pendidikan dan kesehatan.

jadi agan bayangin aja sendiri klo sampek pemegang nasi, eh pengelola listrik negara kita ikutan pengen masuk infotaimen dengan tuduhan KKN??. oh men... gimana sebuah bangsa bernama Indonesia ini dapat melaksanakan pembangunanya secara adil dan merata coba?.

makanya temen-temen di PLN, gue yakin kok pemerintahan kita sekarang ngak pelit buat mensejahterakan PNS. dan gue juga yakin klo agan-agan sekalian pada pinter-pinter. pastinya ngerti lah klo kalian merupakan  perpanjangan tangan Tuhan untuk mensejahterakan 200juta lebih nyawa manusia Indonesia, yaitu melalui keputusan-keputusan yang kalian ambil selama di PLN.

Keputusan-keputusan kalian tersebut, yang diambil berdasarkan data, di sahkan dengan sebuah bubuhan tanda tangan di atas kertas. Namun bisa jadi bakalan mempengaruhi hajat hidup 200juta masyarakat Indonesia, sebuah tanda tangan kalian, sebuah ucapan persetujuan kalian atas disahkanya sebuah kebijakan PLN, sebuah menit usaha sungguh-sungguh dari kalian, bisa jadi menyelamatkan atau menghancurkan sebuah mata rantai pembangunan sebuah bangsa yang bernama Indonesia ini. Makanya gan, ente musti merasa bangga dengan tugas yang Tuhan embankan pada diri kalian ini. Tugas berat yang menyangkut-paut hajat hidup orang banyak. berbanggalah dengan melaksanakan tugas agan dengan baik, mulailah membersihkan diri sendiri, lalu menciptakan PLN yang bersih dan semakin bersih dari KKN. teruslah berinovasi untuk mempermudah pemasangan listrik baru, memperbaiki fasilitas yang pelanggan terima dan mempermurah tarif listrik di PLN. Okey? :). semangat kawan-kawan di PLN! moga sukses....

sudah ya gan, jangan lupa tinggalin komentar di blog gue.

0 komentar:

Posting Komentar